Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU

Sabtu, 07 September 2019

# Legenda Gunung Krakatau Dan Prabu Rakata Yang Sakti Mandaguna

Legenda Gunung Krakatau Dan Prabu Rakata Yang Sakti Mandaguna

Indonesia, Legenda - Setiap daerah selalu memiliki cerita dan kisah sejarahnya masing-masing. Kita tahu bahwa setiap tempat hampir semuanya memiliki kisah sejarah ataupun legenda hingga terbentuknya tempat itu sendiri. Cukup sulit dipercaya, karena cerita ataupun legenda itu sendiri kadang diluar nalar dan tidak cukup logis. Namun legenda yang menjadi kisah sejarah suatu tempat ini telah menjadi kepercayaan bagi sebagian besar orang. Salah satunya mengenai Legenda Selat Sunda. Selat sunda merupakan selat yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, serta menghubungkan Laut Jawa dengan Samudera Hindia. Selat sunda ini konon katanya menyimpan sebuah legenda. Legenda yang berhubungan dengan terbentuknya selat sunda.


Legenda Gunung Krakatau Dan Prabu Rakata Yang Sakti Mandaguna

Pada jaman dahulu, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Rakata. Prabu Rakata ini memiliki dua orang putra yang bernama Raden Sundana dan Raden Tapabaruna. Saat itu Jawa dan Sumatera masih menjadi satu bagian. Raja kemudian berniat untuk menyepi, dan bermaksud untuk membagi wilayah kerajaan menjadi 2 untuk dibagi adil kepada kedua putranya. Hal ini untuk menghindari perselisihan diantara kedua putranya. Bagian Timur menjadi daerah kekuasaan Raden Sundana, dan bagian Barat menjadi daerah kekuasaan dari Raden Tapabaruna. Hal ini diterima baik oleh kedua putranya.

 Daftar Sekarang

Raja kemudian menyepi dengan hanya membawa guci yang merupakan salah satu benda kesayangan Raja. Beberapa tahun Raja menyepi, kemudian mendengar kabar dari abdi kerajaan bahwa kedua puteranya ini terlibat perang. Raden Sundana menyerang kerajaan milik Raden Tapabaruna dengan maksud untuk merebut dan menguasai wilayah tersebut. Hal ini yang kemudian membuat Raja kembali ke kerajaan dan memanggil kedua putranya. Kedua putranya yang mengetahui bahwa Raja akan datang akhirnya menarik pasukannya masing-masing dan menghadap raja.

Hal ini membuat Raja marah besar dan kemudian menyuruh kedua putranya berdiri di wilayah kekuasaannya masing-masing dengan pasukan masing-masing yang berdiri dibelakangnya. Sebelumnya Raja telah mengisi gucinya penuh dengan air laut. Setelah itu Raja menyiramkan air dalam guci tersebut ke permukaan bumi tepat ditengah-tengah kedua putranya. Kemudian guci tersebut diletakkan ditengah-tengah tempat yang disiram air laut. Hal ini lah yang mengawali terjadinya legenda Selat Sunda. Setelah itu terjadi getaran bumi yang hebat hingga membentuk celah jurang yang sangat dalam, belahan bumi yang pecah kemudian menghubungkan ujung laut utara dan selatan. Terbentuklah selat yang kini disebut sebagai Selat Sunda dan guci tersebut berubah menjadi gunung yang disebut gunung Krakatau.


Legenda Gunung Krakatau Dan Prabu Rakata Yang Sakti Mandaguna

Kisah sejarah Selat Sunda ini menjadi kepercayaan masyarakat mengenai terbentuknya Selat Sunda dan gunung Krakatau. Pada tahun 1883, gunung Krakatau meletus dengan dasyat dan menjadi sebab tewasnya 36.500 orang. Letusan gunung Krakatau ini juga konon katanya terdengar hingga ke Australia. Letusan gunung Krakatau ini kemudian membentuk gunung baru, yaitu anak Krakatau. Di area anak Krakatau ini sering terjadi kejadian mistis. Diantaranya adalah penampakan kapal laut yang pernah dilihat oleh petugas yang sedang berpatroli, namun ketika dilakukan pencarian, tidak ada kapal yang dimaksut. Ada juga cerita yang menyebutkan bahwa sering terdengar suara wanita memanggil nama “bambang” dan juga suara gamelan wayang serta ramai-ramai mirip pasar Dan banyak orang yang mencari pasar tersebut .

 Daftar Sekarang

Legenda Selat Sunda ini merupakan legenda Rakyat yang mengawali kisah terbentuknya gunung Krakatau Dan Anak Karakatau . Kisah sejarah Selat Sunda ini memang nampaknya seperti kisah yang kurang bisa masuk di akal atau tidak nalar. Namun kisah ini merupakan salah satu legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Hal ini dipercaya sebagai legenda terbentuknya selat Sunda dan juga munculnya gunung Krakatau. Entah benar atau tidak, anak Krakatau yang merupakan gunung baru di sekitar gunung Krakatau ini juga terdapat banyak cerita mistis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow Us @soratemplates